Pages

Begadang gak-boleh begadang

www.avatargue.com
Tubuh memiliki siklus jam alami yang disebut irama sirkadian. Dengan adanyanya irama sirkadian tubuh secara alami mengatur jadwal bekerjanya sistem organ, misalnya antara jam 7-10 malam lambung sedang beristirahat (tidak berhenti, hanya bekerja lebih lambat) oleh karena itu kita disarankan mengkonsumsi
makanan ringan pada jam tersebut. Antara jam 3-6 pagi paru-paru sedang mengeluarkan toksin dari saluran pernafasan, jadi bila anda terbatuk pada waktu tersebut berarti saluran pernafasan anda sedang terganggu.

Begadang berbeda dengan insomnia, begadang berarti dengan sengaja mengurangi jadwal tidur malam sedangkan insomnia menyebabkan susahnya tidur di malam hari misalnya karena sering terjaga secara tiba-tiba. Berdasarkan penelitian para ahli diatas, orang yang sering begadang sangat rentan terkena penyakit karena terganggunya siklus jam tubuh sehingga dapat mengganggu metabolisme<!-- more -->.

Para ilmuwan dari Salk Institute, University of California San Diego, University of Sydney dan Ecole Polytechnique Fédérale mengkaji ulang jam biologis manusia. Penelitian pimpinan Ronald M. Evans itu berupaya mencari jenis obat mujarab untuk masalah gangguan tidur dan metabolisma. Gangguan tidur dan metabolisme, terutama pada orang yang bekerja shift seperti unit gawat darurat dan petugas keamanan, berisiko memicu sejumlah penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature akhir Maret lalu itu menunjukkan hubungan antara irama sirkadian (siklus jam tubuh) dan metabolisma. Para ilmuwan mendapati dua saklar dalam nukleus sel tikus, yaitu REV-ERBα dan REV-ERBβ, yang penting untuk mempertahankan siklus tidur dan makan normal serta metabolisma nutrisi dari makanan.

"Penelitian ini mengubah pengetahuan kita tentang cara kerja irama sirkadian dan mekanisme irama ini mengatur siklus bangun dan tidur," kata Evan seperti ditulis www.salk.edu.
 
Tim peneliti Evan juga menemukan bahwa REV-ERBs mengontrol aktivitas ratusan gen yang terlibat dalam metabolisma, termasuk gen yang bertanggungjawab dalam mengendalikan kadar lemak dan empedu. Tikus-tikus, seperti dalam percobaan penelitian, mempunyai darah dengan kadar lemak dan gula tinggi manakala 'saklar' REV-ERBα dan REV-ERBβ dalam tubuh mereka dimatikan.


Disarankan bagi yang sering begadang untuk mengganti tidur malamnya dengan tidur siang. Dengan begini maka siklus siang menjadi malam, dan malam menjadi siang.

diolah dari: antaranews.com & harian waspada

Unknown

Ada yang bilang "Buku itu jendela dunia, tapi internet itu pintu kemana saja".

5 komentar:

  1. baca ni NUR..bagus tuk mu

    BalasHapus
  2. kpd bpk irzal harap melapor 2 x 24 jam k kantor
    trims

    BalasHapus
  3. tayap l kw fan udah masuk heacker d blog mu
    udah bisa rupanya bapak copat tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg ud ta bs lg pke anonim kan pak,

      bs'a q cepat tidur tp lw tak ad kwn mu,, si NUR tu,
      mk'a lh q tulis ini biar cepat2 jg dy tidur

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan :)